Sejarah dan Manfaat Mempelajari Tafsir Al Quran

Tafsir Al Quran adalah suatu kegiatan memahami dan mempelajari isi kandungan Al Quran dan juga bagaimana mengamalkan ajaran-ajaran yang disampaikan oleh Allah melalui Al Quran. Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menafsirkan Al Quran disebut dengan ilmu tafsir. Zaman dahulu kehidupan manusia belum disertai dengan nilai-nilai beradab, hingga akhirnya turunlah Al Quran yang menjadi pedoman hidup bagi manusia dalam menjalankan hidupnya di dunia yang hanya sementara ini. Al quran memiliki makna yang luas, oleh karenanya muncullah ilmu tafsir ini yang tujuannya untuk menggali dan memahami makna sebenarnya dari terjemahan ayat Al Quran. Bila bukan benar-benar orang yang ahli tafsir, memahami isi A Quran bukanlah hal yang mudah. kita bisa saja salah memgartikan arti sebuat ayat bila tidak benar-benar bagaimana cara menafsirkannya.

Sejarah Ilmu Tafsir Al Quran

Secara terminologi, tafsir dapat diartikan sebagai penjelasan terhadap wahyu Allah atau Al Quran serta pemahamannya. Berarti menafsirkan Al Quran bisa diartikan sebagai upaya dalam menjelaskan dan mengungkapkan kandungan atau maksud dari Al quran. Pada zaman Rasulullah dulu, tafsir lakukan dilakukan oleh para sahabat dengan menanyakan langsung kepada Nabi Muhammad saw tentang persoalan-persoalan yang belum mereka pahami. Namun setelah Nabi wafat, sahabat melakukan ijtihad untuk menafsirkan kandungan Al Quran. Dan hanya beberapa sahabat saja yang bisa melakukan ijtihad tersebut, sedangkan yang tidak bisa berijtihad akan bertanya kepada para tokoh ahli kitab di masa itu seperti Ka’ab Al Ahbar dan Abdullah bin Salam. Tokoh-tokoh tafsit Al Quran dari zaman sahabat adalah Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, dan juga Ubay bin Ka’ab. Sementara sekarang ini menafsirkan Al quran dapat dilakukan dengan hadis dan dan juga buku-buku tafsir yang ditulis oleh para ahli tafsir. Zaman,ebenarnya sejarah ilmu tafsir dibagi menjadi beberapa zaman yaitu zaman Nabi, zaman sahabat, zaman tabi’in, zaman keemasan islam, zaman kemunduran islam, zaman kemajuan islam, dan yang terakhir adalah zaman modern.

Fungsi dan Manfaat Mempelajari Ilmu Tafsir Al Quran

Adanya sebuah ilmu, pasti ada manfaatnya, begitu juga dengan ilmu tafsir. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari ilmu tafsir yaitu yang pertama mengetahui makna kata atau ayat dalam Al Quran, yang kedua adalah menjelaskan kandungan atau maksud dari makna tiap-tiap aya Al Quran. Manfaat yang ketiga adalah untuk menemukan hukum serta hikmah yang terkandung dalam Al Quran. Yang pada akhirnya mengantarkan kita pada manfaat yang terakhir yaitu menyampaikan maksud dan ajaran Allah swt yang semuanya sudah tercantum di dalam Al Quran agar manusia bisa menjalani hidup mereka sesuai dengan Al Quran. Sehingga mendapatkan kebahagian di dunia dan juga di akhirat.

Dan itulah sejarah singkat ilmu tafsir dan juga manfaat dari mempelajari ilmu tafsir Al quran bagi kita umat islam. Oleh sebab itu kita umat muslim yang masih awam, kita dapat mempelajari ilmu tafsir dengan cara membaca Quran terjemah ataupun mempelajari kita tafsir Al Quran. Anda juga bisa belajar memahami Al quran dengan speaker Al Quran. Speaker Al Quran adalah audio yang bisa membantu anda memahami makna dan juga cara membaca Al Quran. Harga speaker Al Quran lumayan terjangkau bila dibandingkan dengan besarnya mnfaat dan gajaran yang anda peroleh bila bisa memahami Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *