Metode Perawatan Pasca Operasi caesar

Operasi caesar adalah prosedur bedah dimana janin dilahirkan melalui irisan pada perut dan rahim ibu. Operasi caesar sering kali dibutuhkan bila ibu hamil bayi kembar, bayi terlalu besar, atau terjadi komplikasi kehamilan.Bunda tentunya akan merasakan beberapa hal yang kurang menyenangkan pasca persalinan. Mulai dari  masalah yang umum terjadi seperti mood swing, keluarnya cairan dari vagina, serta perubahan payudara. Pasien yang menjalani persalinan caesar biasanya menjalani perawatan pasca operasi caesar di rumah sakit selama dua hingga empat hari sebelum diperbolehkan pulang oleh dokter.Sesaat setelah melahirkan, Bunda kemungkinan besar akan merasakan mual hingga 48 jam ke depan. Cukup mustahil bagi Bunda untuk dapat segera merawat anaknya sendiri, karena Anda sendiri membutuhkan perawatan dan obat-obatan. Banyak ibu yang juga merasakan gatal di sekujur tubuh. Beberapa ahli anestesi akan merekomendasikan pemakaian morfin karena dapat membantu meredakan nyeri hingga 24 jam ke depan tanpa ada efek samping seperti pusing. Obat-obatan lain sepert acetaminophen dan ibuprofen juga seringkali diberikan bagi pasien.

Awal proses perawatan pasca operasi caesar

Kemungkinan besar Bunda akan merasakan sakit serta rasa kebas di area perut yang dibuka untuk jalur caesar. Selain itu, bekas lukanya juga perlahan-lahan akan semakin menebal dan berwarna lebih gelap dibanding warna kulit asli Anda. Segala sesuatu yang memberi beban pada area perut juga akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jangan kuatir karena seiring bertambahnya hari, rasa sakit tersebut perlahan-lahan akan berkurang. Pastikan untuk menggunakan tangan atau bantal untuk menopang bagian perut Anda yang terkena sayatan caesar saat sedang tertawa, bersin, ataupun batuk. Sama seperti kebanyakan ibu hamil lainnya, Bunda juga akan merasakan keluarnya cairan dari vagina yang disebut dengan lochia. Cairan ini terdiri dari darah, bakteri, serta sisa-sisa jaringan yang terbentuk dalam rahim. Pada hari-hari pertama pasca persalinan, cairan tersebut berwarna merah terang.Selama perawatan pasca operasi caesar di rumah sakit, para dokter dan suster akan terus mengontrol kesehatan Bunda serta memberikan instruksi terbaik termasuk bagaimana cara bernafas yang benar atau posisi berbaring. Itulah mengapa melakukan perawatan inap di rumah sakit adalah opsi terbaik jika Bunda melahirkan secara caesar.Jika situasi memungkinkan, maka Bunda diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman atau makanan-makanan kesukaan sekitar 6 hingga 8 jam pasca melahirkan. Namun, pada beberapa kasus, para ibu harus menunggu sedikit lebih lama sesuai dengan petunjuk dokter.Bunda juga bisa jadi mengalami rasa sakit saat hendak kentut selama 2 hari pasca melahirkan. Gas pada perut Anda cenderung menumpuk karena kerja usus yang melambat pasca operasi. Salah satu cara agar sistem pencernaan berjalan lancar kembali adalah dengan berdiri dan berjalan kaki sejenak di area sekitar rumah sakit.

5 Langkah yang perlu anda lakukan untuk perawatan pasca operasi caesar

Operasi caesar merupakan operasi besar yang dapat meninggalkan rasa sakit sesudahnya. Bahkan untuk gerakangerakan kecil sekalipun, seperti bergeser dari tempat tidur, tertawa, atau batuk, bisa membuat lukamu terasa nyeri. Hal ini bisa berlangsung hingga enam bulan setelah operasi.Bersabarlah dan berikan tubuhmu waktu yang diperlukan untuk bisa kembali pulih. Untuk perawatan pasca operasicaesar anda dapat menggunakan beberapa metode ini. Selain itu anda juga harus mengkonsumsi obat operasi caesar untuk membantu memulihkam tubuh anda setelah operasi.

  • Rasa sakit yang mendera pasca caesar mungkin menjadikanmu berpikir tidak mampu lagi untuk berjalan. Namun, kuatkan fisikmu dan semangatlah untuk berupaya menggerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan. Ketika di tempat tidur, coba sesekali menggerakkan pergelangan kakimu. Bidan atau perawat biasanya akan membantu pasien untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan ringan di sekitar ruangan sesegera mungkin setelah bayi lahir dalam kurun waktu 24 jam.Makin cepat kamu bangun dan bergerak, maka makin baik pula untuk kelancaran sirkulasi darah.
  • Mengelola emosi dengan baik adalah hal yang wajar bila kamu mengalami perasaan yang tidak kamu duga sebelumnya. Perasaanmu tergantung kepada harapanmu sebelum melahirkan dan proses persalinan itu sendiri. Kamu mungkin senang dan bersyukur bila kamu dan bayimu baik-baik saja, serta persalinanmu sesuai dengan rencana. Kamu mungkin sempat merasa sebaliknya bahwa sebenarnya kamu ingin melahirkan normal, tetapi yang terjadi adalah harus menjalani caesar. Perasaan itu mungkin berkaitan dengan kecemasan terhadap komplikasi medis, rasa nyeri, stres, kelelahan karena operasi besar, dan status psikologis ibu.
  • Setelah operasi, area di sekitar lukamu akan ditumbuhi kulit baru. Namun, kulit baru ini mudah tergores sehingga kamu dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari mengenainya selama tiga bulan setelah operasi. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara merawat luka pascaoperasi caesar dengan beberapa langkah seperti berikut.
  • Hindari berhubungan seksual selama 4-6 minggu atau sesuai petunjuk dokter.
  • Bila perawat menempelkan plester pada lukamu, biarkan hingga plester itu terlepas dengan sendirinya atau setidaknya tunggu hingga seminggu. Namun bila belum juga terlepas setelah seminggu, kamu boleh melepasnya perlahan-lahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *