Pengertian Hijab sesuai dengan Ketentuan Islam

Sebagian besar wanita Indonesia memakai hijab dalam kehidupan sehari-hari mereka. Apa itu hijab? Apakah hanya sebatas kain untuk menutup kepala? Seperti apa ketentuan hijab dalam Islam? Sudah benarkah cara berhijab di Indonesia jika menurut hukum Islam? Membahas pengertian hijab memang bisa meluas sampai ke hukum islam. Allah sendiri menyarankan ummatnya untuk menutup aurat. Bagi seorang perempuan, aurat yang harus ditutup adalah semua bagian tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Nah, apakah hijab itu bisa diartikan hanya sebagai penutup kepala? Untuk tahu jawaban sebenarnya dalam islam, langsung saja simak pembahasannya pada uraian berikut ini.

cicirizki.blogspot.com

Pengertian Hijab Menurut Islam

 

Sebagian besar orang Indonesia memaknai hijab sebagai penutup kepala atau kerudung yang dipakai oleh perempuan muslim untuk menutupi bagian kepala. Pengertian semacam ini tentu sangat terbatas. Padahal, dalam Islam, hijab punya pengertian yang lebih luas. Pengertian hijab menurus Islam lebih pada tata cara berpakaian yang disesuaikan dengan ketentuan Agama. Jadi, bagi para wanita muslimah yang tidak menggunakan hijab, Ia bisa dikatakan telah mengingkari ketentuan allah. Perintah berhijab untuk para muslimah sudah tertulis dengan jelas di dalam Al-quran. Ingin dijalankan atau tidak, semuanya kembali ke pribadi masing-masing.

 

Dalam bahasa arab, hijab berarti “penghalang”. Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam sisi kelimuan, hijab diartikan sebagai cara berpakaian yang pantas menurut Islam. Pakaian wanita muslimah harus menutup aurat. Bukan hanya menutup, pakaian yang dipakai juga tidak boleh menunjukkan lekuk tubuh. Jika pakaian yang dipakai sudah menutup aurat, tetapi masih menonjolkan bagian-bagian tertentu, ini juga masih belum sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Pakaian yang cocok untuk muslimah adalah gamis syari eksklusif dengan hijab panjang sampai menutupi dada.

 

Pengertian Hijab dan Perintah Berhijab

 

  1. Al-Quran Surat Al-Ahzab: 59

 

Dalam Alquran, Allah sudah menuliskan firmannya dengan jelas dalam surat Al-Ahzab ayat 59. Dalam surat ini, Allah menyarankan kepada istri-istri dan anak perempuan Rasullullah SAW serta istri orang mukmin untuk mengulurkan jilbab mereka hingga ke seluruh tubuh. Dengan begitu, para muslimah akan lebih aman dan tidak mudah diganggu oleh orang jahat.

 

  1. Alqur-an Surat An Nur: 31

 

Dalam ayat ini, Allah pun menyarankan para perempuan untuk menjulurkan kain kudung sampai ke dadanya sehingga tidak mengundang syahwat lawan jenis. Berhijab adalah hal wajib yang harus dipenuhi oleh wanita muslimah.

 

  1. HR Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah

 

Dalam hadis ini, dijelaskan bahwa banyak kaum perempuan yang pahalanya terhapus karena tidak memakai hijab selama hidup mereka. Shalat perempuan dewasa tidak akan diterima kecuali mereka yang memakai jilbab.

 

Sebelum istiqomah memakai hijab, banyak perempuan yang merasa bimbang. Pasalnya di Indonesia, hijab bukanlah budaya kita. Banyak godaan yang akan mengkritik hijab kita. Bahkan, tak sedikit yang membandingkan hijab dengan kelakuan mereka. Pada akhirnya, mereka akan merasa bimbang apakah dirinya sudah cukup pantas untuk memakai hijab atau tidak. Banyak yang mengatakan bahwa kelakuannya belum cukup baik untuk memakai hijab, akhirnya mereka pun tidak jadi memakai hijab. Padahal, dua hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan pengertian hijab. Hijab semata-mata kewajiban yang harus dipenuhi oleh para wanita muslimah. Tidak ada kaitannya sama sekali dengan kelakukan mereka. Siapa tahu, dengan memutuskan berhijab, kehidupan seseorang akan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *