Apakah Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak?

 

 

Ikan menjadi menu makanan keluarga di Indonesia, warga masyarakat di Indonesia sering mengkonsumsi ikan sebagai lauk pauk saat makan. Keadaan geografis Indonesia yang berada di antara perairan laut lepas menyebabkan banyak sekali jenis keanekaragaman hayati laut dan kekayaan tanaman, flora dan fauna hutan.Ikan merupakan salah satu lauk pauk yang menjadi faforit masyarakat kita, dibalik rasa yang enak ada beragam manfaat yang dihasilkan oleh ikan. Berdasarkan penelitian oleh ahli gizi ditemukan bahwa ada kandungan omega 3, 6, dan 9 pada ikan yang fungsinya yaitu untuk mencerdaskan otak dan menstimulasi perkembangan otak pada anak. Selain digunakan untuk mencerdaskan otak, omega 3 juga digunakan sebagai nutrisi bagi otak sehingga sehat dan tidak sering kelelahan dan lupa jika terlalu berat untuk berfikir. Omega 3 juga tidak hanya dibutuhkan oleh otak kita namun juga dibutuhkan untuk kesehatan kulit, agar kulit tidak kering karena berada di daerah tropis. Terkenal panas dan udara yang kering. Manfaat omega 3 didapatkan dari ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar. Jenis ikan yang paling banyak memiliki kandungan omega 3 adalah ikan kod yang berasal dari perairan laut terdalam. Omega 3 terdapat pada minyak ikan, berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa minyak ikan bermanfaat bagi kesehatan anak. Apa saja manfaat minyak ikan untuk anak?

Beragam Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak Dan Olahannya

 

Dari seluruh informasi yang ada mungkin anda belum mengenal secara lebih mendalam apa sebenarnya manfaat minyak ikan untuk anak. Anak memiliki kebutuhan gizi dan kesehatan yang berbeda dengan orang dewasa, anak harus mndapatkan pemenuhan gizi seimbang dari makanan yang tidak hanya menyehatkan namun juga memberikan manfaat bagi tubuh.

  1. Membantu mencegah kepikunan jika ikan dikonsumsi secara berkala apalagi dari usia dini, namun untuk mengoptimalkan daya pikir agar lebih kuat adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan secara langsung karena saat ini banyak produk minyak ikan yang diproduksi dalam bentuk tablet atau botolan
  2. Minyak ikan dapat dikonsumsi secara langsung tanpa harus menggunakan air atau makanan lainnya untuk mengurangi rasa amis. Namun jika tidak suka mengkonsumsi minyak ikan secara langsung bisa mengkonsumsi minyak ikan yang sudah dimasukkan dalam kaplet.
  3. Selain menjaga daya pikir agar tidak cepat lupa, minyak ikan yang mengandung omega 3 ini baik untuk kesehatan mata agar tidak terkena gangguan mata yaitu minus, plus maupun silinder.

 

Apa Saja Olahan Yang Mengandung Minyak Ikan Untuk Anak?

 

Minyak ikan bisa dimasukkan ke dalam olahan makanan yang akan diberikan pada anak anda. Jika anak anda tidak suka minum minyak ikan yang sudah berubah menjadi bentuk kaplet atau minyak dalam bentuk botolan maka minyak ikan bisa digunakan untuk membuat olahan seperti nugget ikan. Nugget ikan yang terbuat dari bahan ikan, tepung terigu, telur dan tepung panir lalu dicampur juga dengan minyak ikan sebagai bumbunya. Pertama anda bisa membuat adonan nugget yaitu campuran antara tepung terigu, ikan salem atau tongkol segar yang dihaluskan, telur dan bumbu penyedap seperti merica, bawang merah, dan bawang putih serta gula dan garam secukupnya. Minyak ikan untuk anakbisa anda masukkan setelah semua adonan tercampur rata, pilihlah minyak ikan yang tidak mengandung banyak campuran sehingga rasanya tidak berubah dan tidak mengubah rasa olahan.anda bisa membeli suplemen tambahan di situs jual gizidat dengan kandungan gizi lengkap.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *