Cara Mudah Membuat Minuman Penurun Kolesterol

 

Kolesterol merupakan lemak yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Kolesterol dapat dimanfaatkan bagi tubuh dalam pembuatan hormone dan melindungi membrane sel benda asing. Hal tersebut dapat terjadi jika kandungan kolesterol tersebut berada dalam kondisi yang normal. Ketika jumlah kolesterol berlebihan, tubuh justru akan terserang penyakit kolesterol dan membuat kesehatan bermasalah. Lemak kolesterol sendiri hampir sebagian besar diproduksi oleh hati dan sisinya dapat terbentuk akibat makanan yang dikonsumsi. Batas kolesterol normal seseorang sebanyak 160 mg hingga 200 mg. Jika batas kolesterol tersebut melebihi batas, tidak hanya penyakit kolesterol yang akan mereka derita. Penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes merupakan jenis penyakit lainnya yang dapat mereka derita. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang berlebih, penderita dapat memanfaatkan minuman penurun kolesterol.

Panduan Membuat Minuman Penurun Kolesterol

Minuman penurun kolesterol dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dalam membuat minuman tersebut, dibutuhkan bahan-bahan alami dalam pembuatannya. Selain madu dan rempah-rempah, kita membutuhkan buah sebagai bahan utamanya. Tidak semua buah dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Hanya beberapa jenis buah yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut. Minuman yang terbuat dari buah-buahan tersebut bahkan dapat digunakan sebagai obat kolesterol tinggi. Berikut ini merupakan panduan dalam membuat minuman penurun kolesterol:

  • Jus belimbing

Minuman pertama yang akan dibuat adalah jus belimbing. Untuk membuat minuman ini, kita membutuhkan buah belimbing, perasan lemon, air temu lawak dan madu. Berikut cara membuatnya:

  • Belimbing yang telah dicuci bersih dapat dipoting menjadi bagian yang kecil. Haluskan belimbing tersebut bersamaan dengan perasan air jeruk lemon.
  • Masukkan temu lawak ke dalam air dan rebus hingga mendidih.
  • Masukkan rebusan air temu lawak tersebut ke dalam blender yang telah diisi dengan jus belimbing sebelumnya.
  • Blender hingga bahan tercampur merata.
  • Jus alpukat

Dalam pembuatan minuman yang terasa nikmat ini, kita membutuhkan buah alpukat, daun salam dan madu. Berikut cara mengolahnya:

  • Membuat air rebusan daun salam: masukkan lima lembar daun salam ke dalam panci yang telah diisi dengan air sebanyak 1 gelas air. Biarkan mendidih.
  • Masukkan alpukat ke dalam blender dan tambahkan air rebusan daun salam bersama dengan madu.
  • Blender hingga halus.
  • Jus nanas

Siapkan buah nanas, pepaya, gula dan air. Kulit buah nanas dan pepaya harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi minuman penurun kolesterol. Setelah itu, masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam blender dan haluskan.

  • Jus delima

Minuman menyehatkan lainnya yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol adalah buah delima. Agar minuman lebih terasa nikmat, kita dapat menambahkan apel fuji ke dalam minuman tersebut. Buah delima yang telah diambil sari buahnya dapat dicampurkan dengan apel fuji. Hancurkan apel fuji tersebut dengan blender kemudia masukkan sari buah delima ke dalamnya.

Dampak Minuman Penurun Kolesterol bagi Tubuh

Minuman penurun kolesterol tersebut dapat menjaga kandungan lemak di dalam tubuh agar selalu seimbang. Buah-buahan yang digunakan dalam pembuatan minuman tersebut memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang mampu mengurangi jumlah lemak jahat di dalam tubuh. Minuman yang menyehatkan tersebut sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol agar tubuh selalu berada dalam keadaan yang sehat. Jauhkan makanan atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang mampu memicu pertumbuhan lemak jahat di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *