Mengenal Macam Macam Akhlak Terpuji

Akhlak merupakan jenis perilaku yang dilakukan oleh manusia yang menjerumusnya baik dan terpuji atau tercela.  Akhlak juga bisa disebut sebagai bentuk etika dalam berperilaku kepada manusia dengan menusia yang lainnya, manusia dengan Allah maupun manusia dengan lingkungan. Sedangkan untuk berbagai macam perilaku yang berbuat baik dengan perlakuan dilaksanakan setiap harinya adalah akhlak yang terpuji. Untuk akhlak ini acuannya quran dan hadist serta itu berlakunya secara universal. Dan macam macam akhlak terpuji sangatlah beragam. Sebagai manusia yang ingin menjalankannya harus tahu dan paham betul

Kenali Macam Macam Akhlak Yang Terpuji

Untuk macam macam akhlak yang terpuji itu banyak sekali. Mulai dari gigih, husnudzon, rela berkorban, tata krama yang bai, sabar, tawakal, percaya diri, bijaksana dan masih banyak yang lainnya. Namun yang harus diperhatikan adalah beberapa hal yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Akhlak pada pecipta

Salah satu dasarnya munculnya akhlak pada pencipta adalah taubat. Taubat sendiri itu kembali pada jalan yang benar. Taubat adalah meninggalkan sifat yang buruk, salah, dosa dengan disertai penyesalan serta berniat dengan usaha tidak mengulanginya lagi. Taubat itu pendirian, sikap dan perbuatan yang baik dengan serta menyesal atas semua dosa yang sudah dikerjakan sebelumnya. Hal inilah yang memunculkan untuk menerapkan akhlak pada tuhan.

  1. akhlak dengan sesama

setelah melihat kehidupan yang sesungguhnya maka sudah terkait dengan tujuan hidup itu sendiri. Untuk tujuannya adalah mempertahankan hidup dan memperbaiki hidup. Dalam kehidupan sendiri tidak ada batasan ha atau seseorang melaksanakan suatu yang bebas dalam berkarya dan berekspresi. Kehidupan itu sendiri pasti bergantung dengan orang atau makhluk lain. Selain itu, juga tidak lepas dengan aturan hiduap baik dari norma agama atau norma kesepakatan masyarakat. Dengan memahami norma dalam hidup, maka nanti akan memunculkan akhlak. Khususnya akhlak terhadap sesama dan makhluk lain ciptaan tuhan.

  1. Adil

Merupakan sikap agar bisa menempatkan sesuatu di tempatnya. Adil juga sudah dipastikan tida memihak siapapun itu. untuk melaksanakan perbuatan yang adil dibutuhkan keseimbangan antara hak dan kewajiban. Tidak merugikan maupun tidak menguntungkan siapapun maupun manapun.

  1. ridho

Ridho bisa juga disebut real. Berarti bisa diartikkan bisa menerima dengan lapang dada dan senang hati yang sudah diberikan oleh allah. Untuk orang yang memiliki sifat ini pasti tidak mudah ragu atau bimbang. Selain itu, tidak mudah menyesal, menggerutu pada kehidupan yang sudah diberikan, tidak sering iri, dan memiliki keyakinan bahwa semua kehidupan itu hanya milik allah saja. Ridho itu bukan menyerah tanpa ada usaha sama sekali. Usaha dengan selalu berikhtiyar namun dipasrahkan kepada allah swt.

Macam Macam Akhlak Dengan Amal Shalih

Salah satu macam macam akhlak yang lainnya adalah dengan melaksanakan amal yang shalih. Amal shalih sendiri itu berbuat baik untuk diri sendiri, masyarakat, keluarga dan manusia secara menyeluruh. Dan masih banyak macam akhlak terpuji lainnya yang harus dimiliki oleh semua manusia ketika sudah siap untuk hidup di dunia. Sebaiknya nanti masyarakat untuk mengutamakan amal shalih agar nanti bisa mendapatkan banyak keindahan dan kenikmatan dalam hidup. Minimal nanti masyarakat bisa menerapkan kata kata mutiara kehidupan agar hidup yang dijalani selalu berwarna dan memberikan suatu kebaikan yang luar biasa. Sehingga bisa membawa banyak keberkahan dan mendapatkan ridho dari allah swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *