5 Hal yang Harus Disiapkan Untuk Masuk STAN Bagi Lulusan SMA Tahun Ini

Menjelang pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah memulai persiapan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hingga sekolah kedinasan. Mayoritas lulusan SMA memilih mencoba untuk masuk ke sekolah kedinasan, selain memberikan jaminan pekerjaan setelah masa pendidikan selesai, tidak akan dipunggut biaya selama masa sekolah dan juga menjadi siswa yang terpilih dari ratusan ribu pendaftar. STAN jadi sekolah kedinasan yang paling diinginkan seluruh lulusan SMA di nusantara, untuk bisa lolos ada hal yang harus dipersiapkan untuk masuk stan, anda tidak boleh melewatkan satu pun jika ingin jadi mahasiswa STAN tahun 2018/2019.

newtonsix.com

5 Hal yang harus dipersiapkan untuk masuk STAN lulusan SMA

Sekolah kedinasan memang menjanjikan masa depan cerah, itulah kenapa jadi priorotas utama bagi setiap lulusan SMA. Anda tentu tidak ingin gagal bukan dalam Ujian Saringan Masuk (USM) STAN yang hanya dibuka sekali dalam setahun, berikut ini 5 hal yang harus dipersiapkan untuk masuk STAN bagi lulusan SMA :

 

  1. Lulusan SMA

Mutlak, setiap pendaftar STAN harus dinyatakan lulus dari SMA. Untuk mendaftarkan STAN tahun ajaran 2018/2019, maka anda harus dinyatakan lulus SMA, namun ada peluang untuk lulusan tahun 2017 dan 2016, hal ini bisa anda lihat diketentuan lanjutan.

 

  1. Nilai yang melebihi persyaratan

Masuk kemari anda harus punya nilai di atas batas ketentuan minimal, untuk lulus sebelum 2018, maka nilai rata rata yang tercantum dalam ijazah minimal 7,00 dengan skala ketentuan 100,00. Sedangkan untuk calon lulusan 2018, melihat dari nilai raport pada 5 semester terakhir (semester 6 tidak dihitung), setiap bidang ilmu, baik IPA dan IPS mempunyai nilai rata rata minimal 7,00 dalam skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00 dan pada ijazah nantinya nilai rata rata tidak boleh kurang dari 7,00 dari skala 100,00, ini adalah hal yang harus dipersiapkan untuk masuk stan, jika merasa nilai kurang dari ketentuan, sebaiknya tidak mendaftarkan diri karena anda akan dinyatakan gugur ditahapan adminstrasi.

 

  1. Usia yang tidak melebihi 20 tahun

Ini merujuk pada ketentuan pertama, bahwa lulusan SMA tahun sebelumnya (2017 dan 2016) bisa ikut serta dalam USM PKN STAN tahun ini. Jika anda memiliki usia tidak lebih dari 20 tahun dengan patokan pada tanggal 1 september 2018, ini yang harus anda perhatikan betul sebelum menyerahkan berkas pendaftaran.

 

  1. Sehat secara jasmani

Setiap pendaftar harus melampirkan surat keterangan sehat dari dinas kesehatan terkait, bisa jadi puskesmas atau pun rumah sakit, serta bebas dari Napza (Narkoba, zat aditif serta psikotropika).

 

  1. Bersedia tidak menikah selama masa pendidikan

Anda harus menandatangi surat pernyataan (sudah terlampir dalam pendaftaran) bahkan belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan, ini mencakup selama masa studi dan magang dari kontak awal yang ditandatangani setelah diterima di STAN.

 

Kunci penting hal yang harus dipersiapkan untuk masuk STAN bagi lulusan SMA

Bagaimana bisa masuk dalam Sekolah Kedinasan faforit ini? Anda harus punya pesiapan matang, dimana sudah memenuhi hal yang harus dipersiapan untuk masuk STAN, karena peluang masuk lulusan SMA tahun ini lebih besar dari pada harus mengulang pendaftaran di tahun mendatang. Pastikan anda mendapatkan program bimbel stan terbaik agar bisa lolos dalam USM PKN STAN tahun ini, peluang terbaik dan persentase lulusan tahun ini lebih tinggi, jadi jangan buang kesempatan bagus begitu saja.

 

Setelah melihat ulasan di atas, anda tentu sudah tahu bukan mulai sekarang apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk masuk stan. Usahakan untuk segara mendapatkan bimbel stan terbaik, dimana persaingan akan semakin ketat, karena bukan hanya lulusan SMA tahun ini saja yang akan jadi lawan anda, melainkan lulusan SMA di tahun sebelumnya yang bisa berkesempatan dan memenuhi persyaratan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *