Pengetahuan Tentang Dasar-Dasar Akuntansi Lengkap

Dasar-dasar akuntansi– akuntansi adalah salah satu hal yang cukup penting bagi pengelolaan sebuah perusahaan dan atau organisasi.Akuntasi memegang peran yang cukup penting dalam pengelolaan laporan terutama pada bagian keuangan.Jadi tidak heran jika tenaga akuntan yang professional sangat dicari saat ini guna mengelola berbagai data, informasi dan laporan keuangan dengan baik di sebuah perusahaan.Untuk dapat melakukan pengelolaan dengan baik terutama pada bidang bisnis dan usaha, seseorang perlu memahami dengan baik tentang dasar dari akuntansi sehingga bisa memiliki pengelolaan perusahaan dengan baik.Berbagai informasi akuntansi yang ada dalam perusahaan bisa dijadikan sebagai sebuah acuan yang berperan untuk memberikan keputusan untuk langkah berikutnya yang dapat diambil.Selain itu, informasi dari bidang akuntansi juga kerap dijadikan bahan evaluasi untuk kelanjutan sebuah perusahaan.Jadi, jangan sampai tidak paham dengan dasar dari akuntansi untuk menjalankan bisnis dan usaha karena bidang akuntansi ini memang memiliki peran yang cukup penting.Untuk bisa mempelajari berbagai hal tentang akuntansi dengan mudah dan lengkap kalian bisa menggunakan Zahironline yang memberikan berbagai hal penting terkait dengan dunia akuntansi.

Dasar-Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Sebelum Berbisnis

Dalam memahami akuntansi, tentu saja tidak akan terlepas dari memahami beberapa dasar-dasar dari akuntansi. Berikut ini ada beberapa dasar-dasar akuntansi yang wajib dan harus dipahami dan dipelajari sebelum mulai berbisnis dan berusaha sehingga bisa menjalankan bisnis dengan rapi dan baik.

  1. Aktiva atau Harta

Aktiva atau harta ini adalah semua kekayaan yang miliki sebuah perusahaan yang termasuk di dalamnya adalah aktiva tetap maupun aktiva lancar.Aktiva lancar atau disebut dengan current asset ini dapat meliputi piutang, kas, perlengkapan, persediaan, prive dan wesel taguh, dan pendapatan yang diterima. Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva tetap atau bisa disebut dengan fix asset adalah berbagai asset yang termasuk bagunan dan gedung, peralatan, tanah, hak baik hak cipta ataupun hak paten, dan juga mesin yang ada di perusahaan.

  1. Hutang atau Kewajiban

Yang dimaksud dengan hutang atau kewajiba ini adalah seluruh kewajiban milik perusahaan baik itu adalah hutang jangka pendek (hutan g dengan jangka waktu yang kurang dari satu tahun) maupun hutang jangka panjang.

  1. Modal atau Ekuitas

Modal atau ekuitas ini adalah hak pemilik terhadap kekayaan yang dimiliki perusaaan diman jumlahnya adalah sama seperti jumlah kekayaan secara keseluruhan dan dikurangi dengan hutang maupun kewajiban perusahaan.

  1. Pendapatan

Pendapatan adalah seluruh penghasilan yang didapatkan atau diterima oleh perusahaan dengan kegiatan usaha yang dijalankannya ataupun dari luar kegiatan usaha.

  1. Beban

Beban adalah seluruh hal yang ditanggung oleh sebuah perusahaan yang dapat berupa harga pokok pada produksi ataupun harga pokok pada penjualan.Kemudian juga biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk penjualan maupun administrasi serta biaya yang lainnya.

Pentingkah Mempelajari Dasar-Dasar Akuntansi

Akuntansi adalah hal yang cukup penting untuk dipelajari sebelum memulai dan mengembangkan perusahaan dimana akuntansi memegang peran yang cukup penting untuk mengolah dan memrposes berbagai macam kegiatan keuangan. Dengan adanya sistem akuntansi pada sebuah perusahaan yang mana akan mengolah data keuangan dan juga informasi keuangan menjadi laporan keuangan. Dari laporan keuangan ini nantinya akan menjadi sebuah informasi baik bagi para pihak internal atau pihak dalam di perusahaan juga untuk informasi bagi pihak eksternal atau pihak dari luar perusahaan. Laporan ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pengambilan keputusan sehingga dapat menentukan langkah atau tindakan apa selanjutnya. Pengelolaan keuangan memang sangat penting bagi pengelolaan sebuah perusahaan.Dengan mengetahui dasar dari akuntansi ini, diharapkan para pelaku bisnis dan usaha dapat melakukan control dan tinjauan terhadap perusahaan sehingga bisa mengambil langkah-langkah tegas demi kinerja perusahaan. Jadi pengelola perusahaan dapat mengetahui arus keluar dan masuk keuangan di perusahaan dan dapat melakukan control terhadap arus keuangan. Jadi penting bagi para pelaku usaha untuk memahami dan mempelajari hal-hal terkait dengan dasar-dasar akuntansi di sebuah perusahaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *