Contoh Hewan Ovovivipar

Selain jenis perkembangbiakan hewan secara vivipar, dan ovipar. Terdapat juga jenis perkembangbiakan hewan dengan cara ovivivpar. Karena artikel sebelumnya sudah membahas tentang contoh hewan viviparan dan ovivipar. Kali ini akan membahas artikel tentang contoh hewan ovovivipar. Sebelum itu, anda harus mengetahu terlebih dahulu apa itu hewan ovovivipar? Hewan ovovivipar adalah jenis perkembang biakan dari hewan dengan cara beranak dan bertelur. Dan hewan ovoivipar juga memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat membedakannya dengan jenis hewan lainya, seperti embrio dari hewan  ovovivipar akab berkembang biak namun tetap tumbuh di dlam telur, kemudian telur yang dikeluarkan akan langsung menetas,

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari hewan ovovivipar, akan mloncat ke bahasan selanjutnya yaitu contoh hewan ovovivipar yang harus anda ketahui, dan berikut daftar contoh hewan ovivipar:

  1. Ular pucuk

Hewan jenis ular ini termasuk kedalam jenis hewan ovovivipar. Telur akan berkembang pada tunuh induk dan saat menetas akan keluarlah ular kecil-kecil yang akan memulai kehidupan yang baru. Ular pucuk termasuk ular yang jinak, karena tidak bisa mengeluarkan biasa dan tidak menggigit, sehingga ular jenis ini dikatkan ular yang tidak berbahaya. Meskipun bisanya yang tergolong lemah, bisa dari ular pucuk dapat menggigit kadal atau katak.

  1. Ular kadut

Masih dalam keluarga reptile ular, ular kadut ini juga masuk kedalam eluarga ovovivipar. Ular kadut ini memiliki warna kulit abu-abu dengan belang putih. Ular ini tidak akan hidup di tanah, karena daya tahan kulit sangatlah mudah robek. Jadi sebagian besar ular kadut akan memilih hidup didalam air saja

  1. Bunglon

Hewan yang terkenal dengan kepandaiannya merubah warna kulit dalam hitungan detik ternyata juga menjadi salah satu keluarga hewan ovovivipar.  Memang sebagian besar keluarga bunglon ada yang berkembang biak dengan cara bertelur. Namun, setelah di teliti, ternyata jenis bunglon ovovivipar sudah ditemukan. bunglon dapta dijumpai saat di semak-semak dan pohon-pohon yang lebat. Makanan dari bunglon sendiri adalah serangga.

  1. Iguana

Memang seringkali iguana disebut mirip dengan bunglon. Namun yang membedakan adalah iguana dapat melihat dan membaca pergerakan musuh dengan jarak sangat jauh. Iguana juga termasuk kedalam keluarga hewan ovovivipar.

  1. Ikan hiu

Ikan yang terkenal dengan keganasannya juga masuk kedalam hewan ovovivipar.  Karena hiu temasuk hewan yang memiliki tulang belakang yang lengkap, dan hiu juga bernafas dengan 5 liang ingsan atau lebih. Kulit hewan pemangsa ini juga dilapisi kulit demal denticles untuk melingi tubuh nya dari kerusakan dan menahannya agar air tidak masuk kedalam tubuhnya.

  1. Kadal

Kadal masuk kedalam hewan reptil dan masuk kedala keluarga ovovivipar. Kanan dari binatang ini biasanya serangga. Kadal memang dikatakan sebagai komodo naun dalam vesri mini. Karena memang jika dilihat dan semakin dilihat bentuk dari kadal sangat mirip dengan komodo.

  1. Kuda laut

Kuda laut, jenis makhluk hidup seperti ikan namun berbentuk kuda dan hidup di dalam air laut. Kuda laut juga masuk kedalam keluarga ovovivipar. Ukuran kuda laut yang sangat kecil akan sangat sulit terlihat apalagi kuda laut yang masih baru menetas.

Itulah contoh hewan ovovivipar yang berada di bumi yang harus anda ketahui, memang beanekaragaman dunia sangatlah membuat suatu hal hal yang lebih indah. Samahalnya dengan binatang ovovivipar yang berbeda dengan ovipar, ataupin vivipar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *