Cara Mengajari Anak Membaca dan Menulis Sejak Usia Dini

Cara Mengajari anak membaca dan menulis bukan hal yang mudah ketika diajarkan pada usia dini. Orang tua membutuhakn kesabaran ekstra dan strategi yang tepat untuk mengajari anak dalam baca dan tulis. Perlu disadari bahwa dunia anak masih dunia bermain belum bisa disamakan dengan orang dewasa. Cara dan tips agar anak tidak enggan belajar membaca dan menulis harus dipikirkan matang-matang. Metode dan trik yang digunakan dianjurkan yang ringan dan menyenangkan agar tidak membebani sang anak dalam proses belajar dan pertumbuhannya. Pengenalan untuk menulis pada anak bisa dikenalkan ketika anak berusia 3 tahun. Idealnya anak usia 3 tahun sudah mampu untuk memegang pensil sendiri dengan posisi yang benar agar tidak menyulitkan sang anak untuk membuat tulisan-tulisan sederhana yang akan dipelajari pertamakali. Untuk mengajari anak menulis dan membaca dibutuhkan kesabaran dan waktu yang berkesinambungan. Menulis erat kaitannya dengan membaca jadi selain menulis anak juga perlu diajari membaca dengan baik dan benar.

Tips Cara Mengajari Anak Membaca

 

Anak mempuunyai kemampuan yang baik ketika berumur 3 sampai 8 tahun, namun untuk pengenalan membaca perlu dikenalkan sejak lahir. Caramengajari anak membaca pada anak usia dini ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan yaitu

  1. Bacakan buku cerita setiap hari pada anak. Jika anak memiliki konsentrasi yang bagus bacakan buku selama 20 menit jika tidak cukup 5 samapi 10 menit saja.
  2. Lakukan tanya jawab dengan anak ketika anda membacakan dongeng atau buku cerita agar anak dan anda memiliki interaksi tentang bacaan yang anda bacakan.
  3. Perlihatkan pada anak kartu kartu alfabet atau huruf huruf dengan permainan sederhana yang menyenangkan seperti tebak warna huruf.
  4. Bacakan buku bacaan dan mintalah sang anak untuk menunjukkan maksud dari cerita anda dan mintalah anak untuk bercerita kembali.
  5. Mintalah anak untuk mengucapkan huruf huruf awal pada sebuah kata
  6. Anak dapat diminta untuk mengucapkan huruf vokal a, i,u,e,o

 

 

Tips Cara Mengajari Anak Membaca dan Menulis

 

Dalamcara mengajari anak membaca dan menulis diperlukan tahapan dan proses tidak bisa instan. Orang tua juga tidak boleh melupakan keberhasilan anak dalam belajar menulis dan membaca ini. Maka jika anak berhasil menulis dan membaca sebaiknya orang tua mengajaknya untuk membeli hadiah karena kesuksesan dalam belajar. Anda dapat mengajak anak anda pergi ke grosir baju anak yang ada di dekat tempat tinggal anda.

Untuk proses membaca telah dijelaskan diatas sekarang tips yang dapat diterapkan untuk anak dalam menulis.

  1. Ajarkan anak menulis secara bayangan. Maksudnya anak hanya perlu diajari menulis secara awang-awang. Ini hanya untuk tahapan awal belajar menulis. Latih anak anda untuk membentuk garis, garis fertikal ataupun horizontal.
  2. Siapkan buku gambar atau kertas hvs, atau kertas kosong agar anak bisa belajar memegang pensil dan belajar corat coret sesuai dengan keinginannya.
  3. Menebalkan garis. Anak dapat dilatih menebalkan garis agar anak terbiasa dengan bentuk bentuk yang ditebalkan. Berilah nilai pada anak bila berhasil menebalkan garis putus putus yang anda perintahkan.
  4. Setelah anak lancar menebalkan garis putus-putus anda dapat meningkatkan kemampuan anak untuk menebal kan huruf-huruf. Cara praktisnya anda dapat membeli buku yang berisi huruf dengan garis putus putus atau anda dapat membuat sendiri huruf huruf yang anda cetak pada kertas hvs.

Yang perlu diperhatikan dalam mengajari anak membaca dan menulis adalah porsi belajar anak tidak berlebihan. Agar anak tidak merasa bosan dan menjadi malas belajar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *