Apa Saja Bahasa Asing yang Seharusnya Dipelajari?

Saat ini belajar bahasa asing tengah menjadi tren tersendiri di Indonesia. Mungkin dahulu penguasaan bahasa dari negara lain hanya terbatas pada bahasa inggris. Karena bahasa ini juga masuk pada salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.Namun saat ini banyak orang yang tertari mmepelajari bahasa dari negara selain Inggris ini.Terlebih lagi ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), banyak investor-investor dari negara luar yang mulai berinvestasi disini. Tentu membekali diri dengan berbagai bahasa negara lain sangatlah penting untuk tetap bisa bersaing dengan para pekerja asing. Selain itu bahasa merupakan pengantar untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Bahasa juga merupakan alat untuk menyampaikan pendapat dan juga perasaan.Itulah mengapa kemahiran berbahasa asing ini menjadi kemampuan paling penting yang harus dimiliki. Misalnya saja dalam bidang pekerjaan keahilan berbahasa inggris mutlak harus dimiliki jika tidak maka akan kalah bersaing dengan pendaftar lain yang mahir berbahasa inggris. Sebenarnya penguasaan beberapa bahasa dari negara lain ini bisa disebut sebagai keterampilan yang tidak secara langsung memiliki keterkaitan dengan keahilan. Namun memiliki pengarus yang sangat besar terhadap keahlian yang dimiliki. Bahasa dari negara asing memang sangat banyak sekali, namun ada beberapa bahasa yang bisa menjadi rekomendasi untuk dipelajari seperti: bahasa inggris, untuk bahasa ini memang menjadi bahasa internasional jadi minimal harus bisa walaupun sedang berada di luar negara Inggris. Bahasa jerman, bahasa ini terbilang sangat penting karena banyak orang Indonesia yang memilih belajar disana.Karena pendidikan disana cukup murah dan banyaknya beasiswa yang ditawarkan di negara ini.Bahasa arab, tidak ada yang bisa menyangkal pentingnya bahasa ini terutama bagi orang Indonesia. Karena tidak hanya sekadar untuk mndalami ilmu agama, tetapi juga sebagai alat komunikasi untuk aktivitas berdagang dan perekonomian.Bahasa ini juga membantu orang yang datang untuk menunaikan ibadah haji maupun umroh.

Prinsip Utama Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing diperlukan komitmen yang tinggi.Karena hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan.Beberapa prinsip ini sangat penting Anda ketahui agar semakin mantap dan memudahkan untuk mempelajarinya.Pertama, motivasi belajar yang tepat.Pastikan keinginan untuk belajar bukan berasal dari orang lain seperti perintah dari orang tua, hanya ikutan trend atau yang lainnya. Keinginan belajar harus berasal dari diri sendiri dengan tujuan untuk mahir berbagai bahasa. Tentu hal ini akan mendatangkan motivasi belajar yang kuat jadi apapun hambatannya akan tetap dilakukan. Kedua, proses belajar yang benar. Hal-hal yang terkait dengan teknik dan metode mempelajari bahasa tersebut harus benar-benar dilakukan secara keseluruhan agar lebih mendukung, sehingga akan mempercepat pemahaman. Misalkan pertama kali yaitu mempelajari kosakata hal ini adalah paling dasar yang harus dilakukan. Jika tidak mengetahui kosakata tentu akan kesulitan untuk merangkai kalimat. Kemudian mempelajari tata bahasa, tentu tata bahasa ini diperlukan agar kalimat yang nantinya diucapkan sesuai sehingga mudah untuk dipahami. Dan terakhir yaitu praktik, setelah mampu keduanya tentu harus dipraktikan secara langsung yaitu dengan melakukan komunikasi atau speaking. Selain itu untuk aspek reading dan writing harus diimbangi juga bukan hanya pada aspke speaking.

Manfaat Menguasai Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing ternyata dapat mendatangkan berbagai manfaat. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh seperti: 1) menambah sumber penghasilan, apabila Anda menguasai bergabai bahasa negara lain bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan, seperti membuka jasa penerjemah, membuka jasa les atau bisa menjadi tour guide bagi para wisatawan yang nantinya bisa mempromosikan melalui media sosial yang ada. 2) memudahkan mendapat beasiswa ke luar negeri, setiap orang tentu ingin mendapat kesempatan study di luar negeri. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah bisa berbahasa negara lain. 3) memudahkan mendapat kesempatan bekerja di luar negeri, jika kemampuan berbahasa sudah mahir tentu bisa mencoba peruntungan bekerja diluar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *